Jumat, 27 Mei 2016

Manfat Buah Pinang Papua Untuk Kesehatan (In depth News)

Manfat Buah Pinang Papua Untuk Kesehatan (In depth News)

Secara sekilas pohon pinang memiliki bentuk yang sama dengan pohon kelapa. Namun, bila diperhatikan dengan seksama terlihat sangat berbeda. Pinang adalah sebuah tumbuhan sejenis palma, mempunyai batang yang tinggi hingga dapat mencapai ketinggian 25m batangnya berbentuk langsing dan lurus ke atas.
Daunnya berada di atas pangkal batang mirip dengan pohon kelapa. Namun, menjadi beda tangkai daunnya lebih pendek dari kelapa dan memiliki daun yang berbeda dari kelapa tentunya. Selain itu, pohon ini juga mempunyai buah. Buah pinang tumbuh  mirip dengan kelapa buah ini akan muncul di atas pohon dengan akar-akar mirip dengan buah kelapa .Namun, ukuran buah pinang lebih kecil dari buah kelapa. Pohon ini dapat tumbuh di lingkungan tropis biasanya terdapat banyak tumbuh di Papua.
Selain itu, buah pinang sendiri adalah sebagai salah satu bahan untuk membuat sirih, manfaat pinang ini sudah dikenal sejak dahulu kala oleh nenek moyang kita di Papua. Melihat fungsi-fungsinya tersebut apakah pinang punya manfaat bagi kesehatan tentu ada karena di dalam buah pinang terdapat senyawa yang bernama arecaidine, arecolidine, guvacoline, guracine dan lainnya berikut adalah berbagai manfaat buah pinang:
Mengatasi mulut kering
Orang yang menyirih biasanya mulutnya tidak kering, hal ini di sebabkan oleh kinerja buah pinang yang membuat kelenjar ludah menjadi keluar terus menerus. Ludah ini akan mencegah orang terserang penyakit seperti disentri dan sindrom sjogren.
Menguatkan gigi dan gusi
Iris beberapa buah pinang kemudian kunyah irisan pinang tersebut hal tersebut dapat menguatkan gigi dan gusi. Cara ini sudah terbukti khasiatnya dalam menguatkan gigi dan gusi sejak jaman dulu, maka tak heran orangorang pada jaman dulu memiliki gigi yang sehat dan kuat.
Obat cacing
Siapkan seperempat buang pinang, temulawak berukuran setengah jari, kunyit setengah jari,. Semua bahan ini di rebut hingga matan dan kemudian saring airnya dan minum. Kandungan air minuman ini dapat mengatasi penyakit cacingan. Hal ini di gunakan pula oleh peternakan ayam agar ayam-ayam peternak tidak cacingan dan dapat mempertahankan produksi telur karena bebas dengan cacing.
Mengobati kulit yang luka
Cari daging buah oinnang yang masih muda kemudian tumbuk hingga halus, tempelkan hasil tumbukan ini kepada kulit yang terluka. Lakukan secara bertahap dan continue luka tersebut akan cepat sembuh.
Rabun mata
Kunyah daging pohon pinang da telan airnya hal tersebut dapat mengatasi rabun pada mata.
Mencegah pengeluaran darah berlebih
Buah pinang muda dapat anda gunakan sebagai obat dalam mengatasi masalah keluar darah berlebih pada luka seperti mimisan, koreg, bisul, dan kudis. Caranya dengan mengkonsumsi air rebuasan dari buah piang, maka rebuslah buah pinang secara teratur.
Mengobati sakit pinggang
Buah pinang juga sangat bermanfaat untuk mengobati sakit pinggang, caranya yaitu : Siapkan beberapa lembar daun pinang, tumbuk kasar lalu hangatlkan. Setelah itu, daun pinang yang telah ditumbuk dikompreskan pada pinggang yang sakit. Lakukan pengobatan ini secara rutin dan teratur setiap malam sebelum tidur.
Mengobati kudis
Caranya yaitu:
Ambil salah satu biji buah pinang mida, lalu buah pinang tersebut di parut. Setelah itu, campurkan parutan buah pinang dengan 1 sendok teh dan 2 gelas air putih. Lalua aduk-aduk semua bahan tercempur merata kemudian oleskan pada bagian tubuh yang sakit.
Mengobati mata rabun
Caranya yaitu:
Ambil 1 biji buah pinang yang masih muda, lalu kunyah dan hisap saja airnya, cara ini sangat efektif dalam mengobati mata rabut.
Manfaat Buah Pinang Untuk Kecantikan Wanita/Pria
Mengatasi kulit wajah yang berjerawat
Tidak ada salahnya jika anda mencoba dengan menggunakan buah pinang untuk menghilangkan jerawat. Caranya yaitu, Siapakan beberapa buah pinang mudah. Setelah itu, cuci hingga bersih dan pisahkan daging dengan biji buahnya. Kemudian haluskan dan oleskan pada kulit wajah yang berjerawat, diamkan selama 20 menit. Selanjutnya, bersihkan dengan air dingin  hingga bersih. Lakukan perawatan ini secara rutin setiap malam sebelum tidur, hingga jerawat hilang.
Menghilangkan tanda panuan dini seperti garis lurus dan keriput
Menggunakan ramuan dari bauh pinang juga dapat bermanfaat untuk mencegah dan menghilangkan tanda-tanda panuan seperti garis halus, kulit kriput dan tanda-tanda panuan lainnya. Selain itu, ramuan diatas juga dapat membantu dalam mengurangi kandungan minyak berlebih, mencerahkan kulit wajah yang kusam. Mencegah komedo dan mampu mengencangkan serta meremajakan kulit wajah sehiangga kulit tampak awet muda dan segar
Mencegah gigi berlubang
Sirih bisa jadi memiliki sifat efek antibakteri, sehingga banyak dimasukkan sebagai bahan tambahan untuk pasta gigi untuk mencegah gigi berlubang. Bukti ini memang bisa disaksikan pada orang yang gemar nyirih, dimana rata-rata mereka memiliki gigi yang utuh hingga tua. Karena efek racun, efek kemerahan pada mulut, jadi walau bagaimanapun, pinang mungkin masih kurang berguna daripada agen terapeutik lainnya untuk keperluan menjaga kesehatan gigi.
Anemia :
Penelitian awal melaporkan bahwa nyirih dapat mengurangi gejala anemia pada ibu hamil. Namun Alasan untuk penemuan ini masih tidak jelas, dan mengunyah mungkin tidak aman bagi wanita selama hamil.
Meningkatkan nafsu makan
Daun pinang merupakan salah satu obat herbal yang dapat digunakan untuk meningkatkan nafsu makan. Cara menggunakannya yaitu dengan merebus daun pinang kemudian meminumnya secara teratur.
Penurun berat badan
Nah, untuk dapat merasakan manfaat buah pinang untuk kesehatan sebagai penurun berat badan ini secara maksimal, Anda dapat terlebih dahulu menjemur biji pinang hingga kering. Lalu, tumbuk biji pinang kering tersebut hingga halus. Ambil setengah sendok teh hasil tumbukan biji pinang yang telah halus tersebut dan campur dengan segelas air panas.
Diamkan larutan biji pinang tersebut  selama satu malam, lalu minum di pagi hari dan petang. Untuk hasil yang lebih maksimal, minum bersama ampasnya dan rutin diminum selama 2 minggu. Selain rutin meminum biji pinang ini, jika Anda ingin mendapatkan tubuh yang ideal damping dengan pola hidup teratur dan makanan sehat.
Manfaat lainnya dari buah pinang:
Selain manfaat yang sudah kami sebutkan di atas masih ada lagi beberapa khasiat yang didapatkan dari buah yang satu ini. Manfaat tersebut antara lain antara lain adalah
Memperlancar buang air besar
Mengobati beri beri
Obat batuk alami
Mengatasi perut kembung
Itulah beberapa khasiat yang dapat Anda peroleh dari buah pinang. Ternyata buah yang satu ini menyimpan berbagai khasiat untuk kesehatan dan mengatasi beberapa masalah penyakit. Walau buah ini sering kita jumpai di pinggir pinggir jalan raya dan sebagai tanaman liar buah ini tetap menyimpan banyak kegunaan. Oleh Ronald R. Fanataf (13530040), Mahasiswa fakulitas ilmu komunikasi kampus STPMD”APMD” Yogyakarta 2016.
                      


1 komentar: